Cara Membuat Remote Desktop Multi User / Multi Session

Halo!

Pernah terfikir membuat windows server kita bisa diremote oleh beberapa komputer secara bersamaan?

Untuk apa?

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang membuat kita terpaksa perlu menggunakan multi user atau multi session remote desktop:

  1. misalnya ada aplikasi di windoows dengan lisensi mahal dan terbatas pada 1 PC, tetapi boleh multi user
  2. contoh lain, PC utama memiliki resource sangat besar, yang dapat dimanfaatkan oleh PC lain, sehingga PC lain cukup menggunakan resource standar.

Contoh Skenario Detail:

  1. aplikasi keuangan atau database dengan lisensi mahal sudah dibeli untuk PC utama
  2. tetapi dana terbatas untuk membeli software mahal tersebut
  3. maka PC utama kita buat multi user, multi login dan multi session remote desktop dengan maksud bisa diremote oleh beberapa komputer lain secara bersamaan.
  4. sehingga setiap komputer dapat memanfaatkan software yang berharga mahal yang sudah terinstall di PC utama.

Langkah Membuat remote Desktop Multi Session

  1. Saya asumsikan anda sudah mengerti remote desktop secara umum, sehingga PC utama anda sudah bisa diremote.
  2. Pada PC utama, buka aplikasi gpedit.msc pada pencarian
    • Pilih computer configuration
    • Lanjut Administrative Template
    • Lanjut Windows Component
    • Lanjut Remote Desktop Services
    • Lanjut Connection
  3. Pada Restrict Remote Desktop Services user to a single Remote Desktop Services session pilih Disabled dilanjutkan dengan Apply dan OK.
  4. Kemudian pada Limit number of connections pilih ENABLED dan pada Option tuliskan jumlah session yang dibolehkan, pada contoh gambar saya kasih 999.
  5. Setelah langkah di atas selesai, berikutnya adalah membuat username windows dengan jumlah sebanyak kebutuhan.

Silakan perhatikan foto di bawah ini:

Langkah di atas adalah di Windows 10, saya rasa di Windows 7, Windows 8 atau Windows Lainnya konfigurasi tidak jauh berbeda.