Asrofi – Blogger Semarang

Blogger Kendal Blogger Semarang Jawa Tengah

Cara Backup Data Secara Otomatis dengan Free Software

Setelah sekian lama tidak berkecimpung di dunia komputer karena kesibukan jual kebun, beberapa hari ini saya turun gunung kembali  mulai berfikir-fikir , analisa dan  trial error mengenai komputer dan internet.

Kali ini saya bicara mengenai BACKUP DATA. Ya… Ketika kita  memiliki DATA SUPER PENTING, misalnya file word, excel dan file presentasi maka backup data tentunya menjadi kebutuhan yang super wajib.

Ada beberapa cara backup mulai backup data secara tradisional sampai backup data secara modern. Kali ini saya akan cerita mengenai backup data cara alternative :D.

Cara saya kali ini menggunakan software gratisan tetapi dengan kemampuan super canggih. Kita tidak hanya menggunakan software, tetapi kita juga MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET UNTUK MELAKUKAN BACKUP OTOMATIS, data kita akan tersimpan secara otomatis di Micrososft, sehingga ketika hardisk kita rusak, komputer kita rusak kita tetap bisa akses data.

Kira-kira keuntungan menggunakan model ini bisa saya daftar sebagai berikut;

  1. backup data secara otomatis, kita tidak perlu klik apapun… auto backup !
  2. data bisa diakses secara langsung, bisa edit dan delete di mana saja dan kapan saja (selama terkoneksi internet)
  3. data bisa didownload dari mana saja dan kapan saja
  4. ketika harddisk anda rusak atau komputer anda rusak atau bahkan ketika laptop anda hilang, anda dapat mendownload data anda.

Menarik bukan? trus layanan yang akan kita pakai apa? jawabannya Skydrive (milik Microsoft).

Oke, sekarang kita  jump to action ya…

  1. Daftarkan akun Skydrive gratis di live.com, atau diakses di https://skydrive.live.com/
  2. Login , download dan install Skydrive untuk PC Windows
  3. Ketika install kita dihadapkan pilihan lokasi folder Skydrive, secara default akan terinstall di C, biasanya saya memilih di D atau E.
  4. Jangan lupa pilih auto start di Windows startup
  5. Nyalakan software dan login menggunakan username skydrive anda.
  6. selesai, MULAI SAAT INI SILAKAN PINDAHKAN SEMUA FOLDER DAN FILE PENTING ANDA DI FOLDER SKYDRIVE. Setiap membuat file penting simpan di folder Skydrive tersebut.

Sebenarnya selain Skydrive masih ada pilihan lain yaitu Google drive/Google Docs dan Dropbox. Tetapi saya memilih Skydrive, kenapa?

  1. File word, excel dan powerpoint yang anda buat di folder Skydrive di windows/pc dapat diedit secara langsung di Skydrive Online, ini juga dapat dilakukan di Google Docs tetapi  tidak bisa dilakukan di Dropbox,
  2. Sebaliknya File word, excel dan powerpoint yang anda buat di Skydrive Online dapat diedit secara langsung di komputer lokal, ini tidak bisa dilakukan di Google Drive dan Dropbox.

Oke, kira-kira begitu, sekarang saya sudah leluasa, tidak takut kehilangan data, data selalu ter-backup secara otomatis, Skydrive hanya memberikan kepada kita 7 GB secara gratis, kalau menginginkan muatan yang lebih banyak kita bisa upgrade ke versi berbayar.

Bookmark and Share

One Response to “Cara Backup Data Secara Otomatis dengan Free Software”

  1. […] hal itu terjadi lagi bukan? Oke, bersama postingan saya kali ini saya akan bagi ilmu tentang cara backup data secara otomatis, setelah rekan-rekan mempraktekkan ilmu ini nanti tidak akan lagi kehilangan […]

Leave a Reply