Asrofi – Blogger Semarang

Blogger Kendal Blogger Semarang Jawa Tengah

Jabon sebagai alternatif investasi dalam pertanian


Jabon merupakan sebuah alternatif investasi dalam bidang pertanian. Investasi dalam pertanian khususnya kayu jabon ini saya rasa sangat tepat buat orang Indonesia. Seperti kita semua tahu Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki lahan luas. Di Indonesia terdapat banyak lahan tanam dan mempunyai iklim cocok untuk menanam pohon jabon.

Kayu Jabon layak untuk ditanam karena begitu banyak industri yang akan menyerapnya mulai dari kayu lapis, industri mebel, pulp, mainan anak-anak, peti buah, alas sepatu, korek api, tripleks, mebel hingga bahan bangunan konstruksi dan non konstruksi.

Kalau kita bicara kayu jabon sebenarnya tidak jauh beda dengan bicara kayu sengon sebagaimana anda pernah membaca sebelumnya, yang mana kebutuhan kayu begitu besarnya sehingga kita tidak perlu takut menjualnya ke mana.

investasi pertanian

 

Perhitungan Investasi Kayu Jabon:

Saya memang belum paham betul perhitungan investasi, jadi perhitungan di bawah ini masih perkiraan-perkiraan standar, anda dapat mencari alternatif perhitungan lainnya dari teman-teman yang lebih  profesional di bidang tanam kayu.

Asumsi

  1. Area tanah 1 Ha milik sendiri
  2. Umur investasi 5-6 tahun.
  3. Harga kayu jabon sekarang Rp.1.100.000/m3
  4. Biaya tebang ditanggung pembeli.

Hasil Panen Jabon:

  1. 1 Ha dengan jarak tanam 3×3 maka akan jadi 1.100 pohon.
  2. 1 Pohon “menurut uraian dari beberapa sumber praktisi di lapangan” akan menjadi rata-rata 0,3 m3 sd. 0,7 m3 kayu potong, jadi tanpa memakai penelitian yang mendalam dan test case dengan statistik  saya coba ambil tengah-tengahnya saja misalnya per pohon jadi 0,5 m3 kayu potong
  3. 1.100 pohon x 0,5 m kubik = 550 m3
  4. 550 m3 x Rp.1.100.000 = Rp.605.000.000

Tentunya dari gambaran di atas kita memiliki beberapa variabel yang masih bisa kita ganti sesuai kadar optimisme kita, saya juga anjurkan anda untuk membaca literatur lain agar gambaran saya di atas bisa lebih mendekati kebenaran mutlak.

Variabel-variabel Investasi Kayu Jabon

Variabel-variabel yang dapat anda ganti misalnya;

  • jumlah pohon (termasuk jarak tanam)
  • masa tanam, 4,5,6,7 tahun
  • kubikasi kayu hasil panen di usia tertentu, pada tulisan saya di atas saya mengambil 0,5 m3 per batang. bagaimana kalau per batang jadi 1 m3, maka hasilnya jadi Rp.1.210.000.000
  • harga kayu; tentunya harga kayu juga tidak selalu di angka Rp.1.100.000. Bagaimana kalau turun atau naik, ini juga perlu dipertimbangkan.
  • biaya tanam; dalam tulisan di atas saya belum masukkan variabel biaya tanam, tentunya anda harus menghitungnya juga bukan?

Biaya Tanam Kayu Jabon

Biaya tanam kayu jabon dari A-Z tentunya bervareasi, banyak sekali variabel penentunya misalnya harga bibit, harga pupuk kimia, harga pupuk organik, gaji tenaga kerja, dan lain sebagainya.

Di sini saya tidak akan sampaikan panjang lebar mengenai biaya tanam ini karena saya bukan praktisi di lapangan, menurut saya lebih baik mempercayakan kepada sebuah institusi yang sudah punya kapabilitas di lapangan.

Di Brebes, Kuningan, Cirebon dan Garut anda dapat mempercayakan penanaman kepada paguyuban tani yang sudah established, pengalaman menanam, sudah dipercaya banyak investor dan memiliki legalitas hukum yang jelas.

Berapa biaya tanam lengkapnya?

  1. Jika hak kelola tumpangsari diberikan kepada paguyuban petani tersebut maka biaya tanam Rp.32.000.000 lengkap A-Z selama 6 tahun
  2. Jika hak kelola tumpangsari masih di tangan anda maka biaya tanam lengkap A-Z selama 6 tahun Rp.52.000.000.
  3. Paguyuban petani masih minta sharing panen 20% dari hasil panen nanti.

Hubungi saya di Hp 085-876-415-340 jika anda akan menanyakan mengenai biaya tanam di atas, di sana juga terdapat lahan kebun murah seharga Rp.40 jt sampai dengan Rp.50 jt per hektar. Jadi tunggu apalagi, jika anda punya jiwa investasi silakan hubungi saya untuk investasi di kayu sengon atau jabon.

Bookmark and Share

81 Responses to “Jabon sebagai alternatif investasi dalam pertanian”


  1. nAZAMUDIN

    Sangat menarik sekali membaca artukel tersebut dan itu perlu menjadi mAsuk yang perlu diperhatikan untuk dilaksanakan bagi yang mempunyai lahan tidur karena dengan memanfa’atkan lahan tidur maka kita dapat menghasilkan uang.


  2. Asrofi

    @budies
    @zamudin
    mudah2an bermanfaat ya pak. info lengkap mengenai ini silakan ke website resmi kami jabon.web.id

  3. ya coba di diperhitungkan lalu liat kantong ada modalnya ga. bila ada pelajari detail dan lakukan >>>>>> segera.


  4. Rangga

    Itu Bener hasilnya segitu??
    Menggiurkan Sekali…..


  5. ardha

    boleh saya kritik mas,saudara saya yang kemarin panen jabon,per ha dari 1000 pohon dapat uang 300 juta,menurut rekan rekan kita yang udah pernah panen jabon,realistisnya dapat 200 sd 400 juta,,1,2 milyar dari 1 ha saya rasa sangat berfantastis,,lebih baik asumsi kita bikin ideal saja,sebab kalau berasumsi terlalu tinggi nanti akan kecewa.

  6. investasinya butuh banyak duit juga ya… belum mampu klew segitu….tapi semoga suatu saat bisa cos hasilnya juga sangat menggiurkan ^^


  7. Nurman

    To: Ardha, boleh informasinya saudara kamu yang telah panen jabon, kira2 itu umur berapa ya jabonnya dan apakah pihak pembeli yg melakukan pemotongan dan pengangkutan, karena sekarang ini saya sedang menanam 15 Ha. Thanks before

  8. informasinya detil dan rinci banget, bos. baru kali ini saya sempat membacanya, hehe … jabon ternyata memiliki prospek bagus utk dibudidayakan. salam.


  9. kawanlama95

    aku baca ini memacu diriku untuk bisa berbisnis lagi, seperti dahulu. hmm terima kasih pak . semoga aku tambah semangat. aku ada artikel menarik barangkali bermanfaat.
    merampok-bank-2

  10. terima kasih atas kunjungannya

  11. jabon apaan mas, pohon apa maksudnya soalnya saya orang sunda jadi ga tahu apa pohon ntu..bukan sengon kan

    kalau ada info tentang sengon beritahu saya ya

    makasih


  12. Asrofi

    @Omiyan, dia bukan pohon sengon, tapi alternatif pengganti sengon. lebih bagus dari sengon mas.

  13. Jangan lupa mengunjungi blog kami tentang Nubuat Yesaya tentang Firman Tuhan dalam bahasa Arab di

    http://jalanibrahim.wordpress.com/2010/07/17/nubuat-yesaya-28-tentang-firman-tuhan-dalam-bahasa-arab-muhammad-dalam-alkitab-taurat-injil/

    Jangan lupa blog kami dibuatkan LINK di blog anda yah!!!

  14. Mas, sebenarnya perkembangan harga jabon seperti saat ini diluar perkiraan saya juga. Karena jabon sebenarnya bisa tumbuh dengan baik pada daerah bukaan baru. Dulu pohon hanya ditebang dan dibuang begitu saja.

  15. kondisi tanah yang bagus buat nanem jabon kayak gimana, daerah dingin apa panas mas, kebetulan saya punya tanah dikawasan yang sedang sih dan airnya lumayan banyak

    kalau cocok boleh nih jadi tertarik

  16. Berkunjung lagi tuk mengucapkan, “Selamat Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”.


  17. Teguh

    Trims atas infonya, kebetulan daerahku sekarang banyak tanah yg disewakan untuk ditanami jabon. Tapi rata2 masyarakat masih awam dg pohon jabon. Jadi masih perlu banyak sosialisasi.

  18. Assalamu’alaikum,

    Saya sekeluarga mengucapkan Selamat Idul Fitri.
    Mohon maaf atas segala hal yang mungkin membuat hati kurang nyaman.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.

    Salam hangat dari Cianjur


  19. Saung Tani

    Mau nanya mas, jabon ini cocoknya di lahan apa saja dan jenis tanahnya seperti apa serta dengan ketinggian berapa daerah yang cocok? Trima kasih sebelumnya.


  20. asep

    kl mau beli bibit jabon bisa dikirim ga ? berapa jumlah minimal, alamat sy di cirebon, mksh………….


  21. m.hariyanto

    info menarik, mohon disampaikan kemungkinanresiko


  22. A. Jimmy H.

    Kepada rekan-2 calon pengembang kebun Jabon, berdasarkan pengalaman rekan-2 lain, dan berdasarkan logika bahwa bibit jabon yg masih kecil secara fisik mirip dengan sayur bayam (mengandung air dg kadar yg sangat tinggi, berbeda dg bibit Sengon dg kadar air relatif rendah), jadi akan beresiko kalau dikirim dari tempat pembibitan ke daerah yg jauh…kecuali ada penanganan khusus selama diperjalana (misal secara periodik, dua kali sehari secara otomatis disemprot dg air dalam bentuk kabut, yg otomatis akan menambah biaya cukup besar).

    Jadi….sebaiknya kalau sumber bibit jauh dari lokasi penanaman, sebaiknya beli benih nya dan disemai sendiri (karena benih Jabon sangat halus, seperti butiran pasir), maka cara menyemainya bukan seperti menyemai biji Sengon (yg ukurannya relatif besar), tapi ada cara khusus…(silakan cari di internet atau buku-2 tentang Jabon (sudah dijual di Toko Buku GRAMEDIA yg sudah ditulis oleh lebih dari tiga pengarang). Demikian sharing nya, semoga berguna -AJH-


  23. Abah

    Mas rofi, abah baru aja tanam sekitar +/- 3 bulanan, memang dari performance fisik tanaman ada yang tingginya sudah hampir mencapai 2 mtr, tapi yang abah tanam umur 2 bulan ini perkembangannya tidak sama. sbg informasi ygsudah berumur 3 bln abah tanam pada lahan bertanah merah, sementara yg umur 2 bln pd bekas lahan sawah yg sudah lama tdk ditanami. menurut mas rofi yg abah alami utk yg umur 2 bln ini penyebabnya apa? dan berapa tahun idealnya umur jabon sudah layak tebang/panen. ditunggu jawabannya mas. Hatur nuhun.


  24. avin palembang

    saya butuh benih jabon, ada yang bisa bantu saya, dimana tempat belinya???????

    terima kasih atas bantuannya


  25. Bahar

    Kepada Rekan 2 Yang Tertarik dengan investasi menanam jabon di kawasan lampung Saya menyediakan bibit jabon siap tanam di Bandar Lampung Hub : 0858 4030 7662 / 0812 7960 0562


  26. ion

    yg bth bibit jabon, kerjasama tanam jabon, atw ap saja yg brkaitan dgn jabon, utk daerah bdg, garut,sumedang, email ionsusanto@yahoo.com


  27. naufal

    tolong yang punya info untuk penjualan bibit jabon baik siap tanam or benih untuk wilayah palembang mohon info nya bisa lewat hp 082184186555

    terima kasih sebelumnya………….


  28. tapadi di lampung

    tanya : bagaimana mengatasi hama serangga kepik pada tanaman jabon yang menyerang pucuk tanaman??


  29. putrosolo

    Tak ada salahnya bila anda kunjungi http://www.putrosolo.com, siapa tau anda membutuhkan informasi dari kami , makasih sebelumnya,


  30. Dudesy gruop

    Yth, para Jabonis. bantu Aku doong. Aku termasuk yang sedang ikutan Budidaya pohon Kayu Jabon. Kenapa yaah Daunnya terlihat agak kekuning-kuningan? Apa tuh resepnya agar daun menghijau dan Pohonnya Kekar gitu?


  31. NOBAJ

    PAK KALO JABON DI TANAM UKURAN 2X3 NANTI BATANG NYA BISA SEPERTI POHON PEPAYA NGAK, KARNA JARAKNYA HAMPIR SAMA PAK.


  32. NOBAJ

    PAK TANAM JABON UKURAN 2X3 HAMPIR DGN UKURAN TANAM PEPAYA. NANTI BESAR BATANG NYA APA SEPERTI BATANG PEPAYA PAK?


  33. NOBAJ

    PAK,SY TERTARIK TAPI TDK MASUK AKAL, POHON BESAR DI TANAM UKURAN 2X3 NANTI AKAR NYA MAU JALAR KEMANA PAK?


  34. Djoko R

    Wah investasi menarik. Thanks Pak untuk kalkulasinya. Kalo di Dumai, cari bibit Jabon di mana ya?


  35. mas ardha

    wkwkwkwkw,kae lo mas asrofi,dikritik kayak pepaya,ayo makan makan bebek sama sambel pete dan jalan2 ke pabrik plywood,hahahhahah


  36. witono

    nitip lapak dek asrofi cowok keren

    BELI LOG KAYU JABON/SENGON ASLI
    p.130 cm
    16-18cm diameter
    Rp.460rb
    19-24 cm
    Rp.680rb
    25 up
    Rp.760rb
    .260cm

    25-29cm

    Rp.790rb
    30-39 cm
    Rp.900 rb
    40-49 cm
    Rp.980 rb
    50 cm up

    Rp.1140 rb
    Harga tsb sampai pabrik
    Pembayaran cash setelah grade dan bap penyerahan barang
    KAMI SUPLIER LOG PT SSS TEMANGGUNG
    CP.WITONO HIDAYAT SH.MM
    085848855353
    witonohidayat@yahoo.com


  37. prapto

    salam sukses semua kepada peminat jabon yg penting kita tanam saja biar nggak ketinggalan sy yakin 5th lagi pasti lebih mahal dari harga sekarang slamat berkarya salam prapto pangkalanbun kalteng


  38. Darossalam

    Salam kenal,
    Saya menjual dan menyediakan bibit Jabon, wilayah Cilegon-Serang, dan Tangerang Banten. harga Rp.2500/bibit (tinggi bibit jabon 20~30 cm). Berminat hub:08176026195


  39. jeli

    saya jual bibit jabon merah gratis,ambil sendiri di irak!


  40. imam ibnu mas'ud

    kalau sulawesi gmana ? info donk?


  41. Boyone

    @ Ardha : masuk akal tuh. Mungkin penulis ada perbedaan harga. Kalo harga per kubik Rp. 1.100.000 dg biaya penebangan tanggung jawab pembeli rasanya terlalu fantastik. Mungkin itu harga franco pembeli, sehigga penanam jabon harus keluar biaya penebangan dan angkutan truck. Dengan menanggung biaya itu wajar kalo dapet duit bersih Rp. 300 juta per 1000 pohon


  42. dono

    bisa dapat 1 milyar,tapi ditumpangsari dengan ganja dan karaoke plus plus


  43. solafide_ds

    Nunggu 5 tahun lama juga tuh,,,,, hanya dapat dilakukan oleh orang yang memang benar benar mapu dan punya mata pencaharian yang bagus sehingga nunggu 5 tahun tidak masalah…. apalagi tanah harus punya 1 Ha


  44. willem

    biaya perawatan ya kok mahal


  45. willem

    ada jaminan entar jabon laku n bener harga ya n iklim sumut bisa


  46. aguskentuskecemplungkakus

    @ willem,ente orang kismin,buat makan aja susah,nohhh,kelaut aj lo


  47. luky

    mantappp abizzzzz….saya jg sedang mengarah ksana..


  48. bapak pucong

    @bapak tani,apa menyediakan jabon berbuah apel?


  49. joko

    permisi.. info untuk JABON MERAH salam.
    terima kasih.


  50. MASYKUR INDRAGIRI

    Makasih bangat infonya, insya allah kita mau buat kelompok, lahan lagi di survey. doain berhasil…amin


  51. Shinta

    Masa satu puhon jabon jadi 1,25 mtr kubik…..itu bohong besar..paling 0,4 mtr kubik. kasihan masyrakat di bohongi trus….untung sesaat, mematikan masa depan jabon itu sendiri


  52. misgianto

    hm.
    saya mau investasi di Jabon. tapi akan saya lakukan sendiri dan mengajak saudara/teman.
    saya belum pernah menanam jabon, orangtua saya menanam sengon. tetapi saya mencoba mencari tahu.
    sebagai seorang pramuka apalagi sempat aktif di Pramuka Wanabakti (satuan pramuka di bidang kehutanan dan lingkungan hidup) , saya sangat senang jika banyak pohon di dunia ini. oleh karena itu saya senang banyak penawaran kerjasama & investasi jabon. tetapi ada beberapa catatan yang ingin saya berikan :

    1. dalam 5 tahun perkiraan volume kayu jabon atau sengon tidak mencapai 1 m3, apalagi sampai 1,5 m3. kemungkinan besar di bawah 0,5 m3, kemungkinan besar kebanyakan sekitar 0,3 m3. untuk perhitungan business plan saya, saya asumsikan 0,25 m3 per pohon dalam 5 tahun.

    2. harga per kubik sengon atau saat ini di tingkat petani (di lahan) tidak sampai 1.000.000,- sengon atau jabon umur 5 tahun harganya sekitar 200.000,- per batang di kebun (berarti sekitar 600.000,- per m3 di kebun masih berdiri, pembeli menebang).

    3. jika menginginkan harga per kubik yang lebih tinggi, kita bisa menjualnya langsung kepada konsumen (TPK atau industri) dengan catatan kita menjualnya sudah dalam bentuk log (potongan sesuai ukuran yang diminta pembeli, umumnya 265 cm). kita akan mendapatkan harga lebih dari 700.000 per m3, mungkin sekarang sekitar 850.000,- Namun demikian, bila kita melakukan pilihan seperti itu, kita akan menanggung biaya panen yang besarnya 10% sampai 40% dari nilai jual kayu.

    4. poin 2 atau 3 di atas hasil akhirnya (uang bersih diterima) akan sama, tapi tergantung lokasi kebun.

    5. biaya per Ha tanaman Jabon termasuk perawatan wajarnya tidak lebih dari 100 juta, sekitar 30 juta tidak termasuk harga tanah.

    6. dari perhitungan2 saya di atas, hasil dari jabon antar 125 juta sampai 400 juta per Ha. (cocok dengan cerita/pengalaman salah seorang penulis komentar terdahulu).

    maksud penulisan komentar ini adalah sebagai bentuk tanggungjawab moral saya. apabila ada yang memiliki info/data/fakta yang lebih tepat/baik, mohon dikoreksi kesalahan saya.
    terima kasih.


  53. nurdin

    Menanam jabon sebaiknya pada awal musim hujan, untuk persiapan tanam musim hujan tahun ini, kami dari Paguyuban Jabon Mandiri menyiapkan bibit jabon untuk daerah Kuningan, Cirebon dan Majalengka dengan sistem inden, untuk yg tertarik bisa hub 081324221138


  54. jon pantau

    @shinta,,,bisa jadi 1,25 kubik dengan catatan ditanam ukuran 6×6 meter, masa panen 12 tahun


  55. rangga

    mkasih yx masukan’y..
    sya sdh mulaii nanam 2bln kBlkang.. krang lbih sktr 500 phon.. untuk saya yg pemula.. rencana’y sya mo nanam lgii sktr 1000 pohon..

    salam JABON utk smua tmn” darii saya..


  56. hendra

    jangan-jangan semua orang pada tertarik untuk nanem, tar harganya jadi jatoh, gak laku , kaya pengalaman saya tempo hari tertarik bujukan nanem cabe merah, pas panen, harganya melorot, boro2 buat BEP yang ada dibagiin sama tetangga dan saudara2


  57. ardi

    jangan-jangan semua orang pada
    tertarik untuk nanem, tar harganya
    jadi jatoh, gak laku , kaya
    pengalaman saya tempo hari
    tertarik bujukan nanem cabe merah,
    pas panen, harganya melorot,
    boro2 buat BEP yang ada dibagiin
    sama tetangga dan saudara2

    Nah, inilah bedanya kayu dengan cabe atau buah. Kalau kayu pas harga jatuh ddibiarkan atau ditunda bertahun tahunpun gak masalah bahkan makin naik harganya , kalau cabe atau buah mah busuk… Kayu harga jatuh kalau pas yang punya kayu kepepet butuh makan terus dijual ke tengkulak


  58. THOIF

    sudah adakah yang panen di daerah anda,,,,,,,,,,,,
    di karenakan saya baru membuat bibit nih rencana bulan desember dah siap tanam


  59. andi

    ini sudah ada yang panen jabon
    klik link dibawah ini

    http://www.bibitjabon.web.id/2011/05/segarnya-laba-dari-panen-kayu-jabon.html


  60. arif

    as. teman pemerhati jabon, sy banyak menyimak tulisan tentang jabon dimana lebih banyak menguber nilai fantastisn padahal animo tanam jabon baru sekitar 5 atau 6 tahun lalu, bagaimana mungkin dengan prediksi harga sekian dengan tingkat pertumbuhan sekitar 6 tahun lalu mendapat keuntungan yang fantastis. Mohon petunjuk yang jelas.


  61. dino

    Perhitungan diatas terlalu over estimate untuk hasil panen 5thnan (kubikasi/pohon dan harganya), tapi biaya perawatan yg wajar juga tidak setinggi itu. Saya kira koment Bpk Ardha dan Bpk Misgianto lebih realistis di lapangan.


  62. dino

    Perhitungan diatas terlalu over estimate untuk hasil panen 5thnan (kubikasi/pohon dan harganya), tapi biaya perawatan yg wajar juga tidak setinggi itu. Saya kira koment Bpk Ardha dan Bpk Misgianto lebih realistis di lapangan.
    Sekedar info, di daerah kami dikenal 3 jenis Jabon yaitu: Jabon putih (Anthocephallus Cadamba), Jabon merah/ Samama (Anthocephallus Macrophyllus) dan Jabon kuning (ketiganya termasuk fast growing).
    Topik di atas adalah tentang Jabon putih yang pertumbuhannya paling cepat diantara jabon lainnya tapi jabon merah paling tiggi harga kayunya.


  63. Asrofi

    Jika anda sudah paham tentang bisnis budidaya jabon dan berminat untuk investasi, kami menyediakan lahan dengan harga Rp4250 lokasi Cirebon.
    Peminat serius hub 081311661479


  64. AGUNG AJMAIN

    di tempat saya(Luwu Timur-SUL_SEL) banyak yg tumbuh alami…………..kayux sudaah siap panen yang mau beli silahkan datang……saya n bbrapa teman juga lgi nanam……….
    CP.085255934643


  65. suparnan

    kami menyediakan pembibitan / penjualan bibit jabon


  66. jabon cariu

    Disewakan Lahan Perkebunan 2jt-2,5jt /ha pertahun. Lokasi Cariu-Bogor. Bisa utk perkebunan singkong, sengon & jabon.
    email: bertanamjabon@gmail.com


  67. tabungan

    Thank you for any other informative web site. The place else may just I get that type of info written in such a perfect manner? I’ve a venture that I am simply now running on, and I have been on the glance out for such information.


  68. bpk. sigit

    Nitip Info: dicari investor

    DILAMPUNG, Lahan seluas 2 ha dan 3 ha, telah ditanam sengon baru ditanam 10.000 batang, yang berminat investasi 250 juta TANAMAN DAN LAHAN MENJADI MILIK ANDA, kami siap merawat sampai panen (5 tahun)
    hp,081272072030


  69. @iry

    Bener tuh jangan terlalu membual,,saya juga pernah jual sengon, saya yakin perkembangan dan harganya gak jauh beda dg jabon…
    Umur 6 tahunan harga antara 250-3rts tebang itempat.,jadi kubikasi rata2 0.25 -0.3 m3,,sekarang saya mau coba tanam jabon disamping pohon sengon,..menurut saya jangan khawatir dg harga kayu,daripada kebun gak ditanami sama sekali,


  70. web elek

    perhitungan ngawur 1 ha 1 milliard mau gila yang beli….. biaya perawatan di salon kecantikan mana tuch 220 juta lebih gendeng


  71. M cahyo Hadi Mulyono

    Salam Sejahtera..

    Saya M.cahyo Hadi mulyono, dari DPP AHTRMI atau asosiasi Hutan Tanaman rakyat Mandiri indonesia. Izinkan saya memberikan sedikit pendapat saya tentang Budidaya Pohon Jabon, Apa yang di sampaikan Penulis tentang Pohon Jabon baik keunggulannya maupun hasilnya, menurut Pendapat saya adalah BENAR adanya… dan itu semua akan terwujud, Asalkan jangan anda lupakan cara yang benar untuk membudidayakannya. misalnya, Anda harus memperhatikan Pemupukannya dan bagaimana pemangkasan yang benar terhadap cabang pohon. karena dengan memperhatikan atau menghambat pertumbuhan cabang pohon, maka akan merangsang Batang pohon menjadi lebih Cepat Besar.

    Jadi Kunci utama dalam Budidaya Jabon, adalah :

    1. Tolong anda perhatikan Proses Penanaman Bibit.
    2. Tolong anda perhatikan Tempo Pemupukannya
    3. Perhatikan Cara Pemangkasan Cabang Pohon.

    Jika 3 hal di atas Anda perhatikan, maka Kebun Jabon Anda dalam 5 tahun PASTI BERNILAI LEBIH DARI 1 MILYAR RUPIAH, Karena 3 hal diatas akan membuat Batang Pohon Jabon Cepat besar.

    Selamat Berinvestasi, Kembangkan Kebun Jabon Anda..

    Dan Saya berharap Janganlah Menyebarkan Berita atas Pengalaman Berkebun anda,yang sebenarnya kesalahan anda sendiri.

    terima kasih Untuk anda Pembuat Blog ini, karena Alternatif usaha ini, bisa membuat Ekonomi Masyarakat Menjadi meningkat.

    Salam sukses dari Kami…

    M. Cahyo Hadi Mulyono
    Ketua Bid.Ekonomi & Perdagangan DPP AHTRMI
    Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia
    Hp : 081218901444. & 021.32555397


  72. Endang Sy

    Numpang Komentar mas Asrofi, KIta sering saja, untuk mas Ardi yang hawatir akibat banyak petani jabon sehingga harga jabon jadi turun,karena mas Ardi jabon di asumsikan sama dengan menanam Cabe.saya kira jangan begitu hawatir karena jabon bisa di panen dengan waktu yang variasi mulai dari 4 tahun keatas…mungkin15tahun.untuk menyiasati biaya pemeliharaan yang besar sebaiknya siasati dengan tanaman tumpangsari jadi kita dapat penghasilan jangka pendek.makanya jarahnya jangan terlalu rapat,4×4 atau 4×5 sehingga 2 sampai 3 tahun tanaman tumpangsari masih bisa.yang saya hawatir justru izin2 yang katanya masih harus dari di urus ditingkat kabupaten dengan biaya yang tidak kecil.mungkin untuk masalah ini bisa kita minta pencerahan dari bapak M.Cahyo..trims


  73. petani gabon

    Kami petani jaboh mendapat hasil milliaran dari bertanam jabon dan tumpangsari dengan opium dan ganja. ?..
    Pake nalar hasil jabon per ha 400 juta saja udah super dahsyat, eh kok ada yg ngibul milliaran…tumpangsari ganja.opium dan tenda tenda jablay…….
    Tolong jangan berikan info sesat dan menyesatkan,,,,,,,,,,


  74. nsuswoyo

    yang memberi akan menerima apa yang di tanam, sabar bapak – bapak yang memberi harapan juga punya dasar pastinya… dasarnya promosi.. harus kita sadari…., selagi kita berfikir jernih iklan apapun di tv..kita bisa menerima bukan….?


  75. here

    Good Stuff, do you have a bebo profile?


  76. news

    Just to let you know your site looks a little bit different on Safari on my computer with Linux .


  77. sirenden

    pembagian hasilnya sendiri seperti apa,ukuran jabon pada saat panen berapa.
    apakah jabon tersebut akan dipanen semua atau hanya setengahnya saja….
    Terima Kasih……

  78. kalau sudah sekian lama tidak ada pertumbuhan yang sesuai,dikarenakan apa mas?


  79. suryana

    saya mau beli benih/biji jabon ngitungnya biji apa kg.


  80. suryana

    alamat saya di balaraja tangerang banten


  81. huda

    …subhanalloh…
    penggin banget…

Leave a Reply