Asrofi – Blogger Semarang

Blogger Kendal Blogger Semarang Jawa Tengah

Beli Tiket di Website Garuda Indonesia Mengecewakan

Beli Tiket di Website Online pada hari ini sungguh mengecewakan saya, mungkin kebetulan sistem online payment di Garuda lagi ada maintenance atau memang keadaannya yang tidak profesional seperti itu.

Saya memang tidak punya kartu kredit, tetapi saya sudah biasa menggunakan internet banking untuk transaksi apapun termasuk membeli tiket pesawat ataupun secara online. Membeli tiket pesawat Air Asia dan menggunakan internet banking lancar-lancar saja dan tidak ada hambatan sama sekali. Sungguh di luar prediksi saya ternyata membeli tiket pesawat garuda di website resmi Garuda Indonesia sangat ribet dan membingungkan.

  1. Setelah kita memilih rute penerbangan lengkap hari jamnya kita akan dibawa ke payment system
  2. di sana ada pilihan 2 yaitu credit card dan direct debit / internet banking mandiri
  3. dalam internet banking hanya tersedia Mandiri
  4. Kemudian setelah kita bayar menggunakan Mandiri muncul statement success.
  5. Rekening kita terdebit.

Permasalahan yang muncul adalah

  • Uang kita di bank hilang/terdebit
  • tapi tidak ada konfirmasi lewat email mengenai transaksi itu sama sekali
  • tidak ada nomor tiket atau booking number
  • otomatis saya merasa tidak nyaman, uang saya 1.500.000 menjadi tidak jelas entah ke mana
  • ketika saya coba telepun ke call center, cs bilang suruh tunggu 30 menit sampai 1 jam
  • ketika saya tunggu 1,5 jam masih belum ada email masuk, saya telepon lagi dan saya sampaikan ulang seperti sewaktu nelfon pertama kali cs tampak bingung dan menanyakan semuanya, ketika saya jawab pun cs masih bingung dan harus diskusi dengan rekan cs ataupun atasannya, kemudian cs baru tanya saya “pakai sistem debit  ya pak?” saya jawab “ia, menggunakan mandiri internet banking”, kemudian cs bilang “kalau pakai sistem debit bapak harus email ke e-payment@garuda-indonesia.com dan discan bukti transfer”, (kenapa tidak ada pemberitahuan mengenai ini…?)
  • setelah saya email pun saampai 1 jam lebih tidak ada konfirmasi. Siapa yang tidak kecewa kalau seperti ini…

Sampai saat blog ini ditulis saya masih menunggu, kemungkinan saya harus nelfon ke 3 kalinya. Sungguh tidak profesional sekali.

Kesimpulannya, senior tidak selalu pintar.

Bookmark and Share

18 Responses to “Beli Tiket di Website Garuda Indonesia Mengecewakan”

  1. wah sama mas, saya barusan juga gitu. Terus kelanjutannya gimana? dapet tiketnya nggak? saya juga masih bingung ini belom dapet booking number, padahal rekening sudah terdebit


  2. Rina

    saya juga mengalami kasus yang sama. trus gmn kelanjutannya mas?gmn dgn tiket kita?


  3. Asrofi

    @Trias&Rina
    email aja ke e-payment@garuda-indonesia.com berikut bukti transfer.
    selain itu telepun juga ke call center.
    pokoknya kontak terus aja.


  4. prie

    wah memang spt itu yah ? saya mau nyoba beli online neh tp kok jadi ragu, memangnya kalau prosesnya lancar nanti kita cuman dapt no. booking yah ? trs dari no booking itu kita minta tiket dimana ??

  5. @Prie.
    Jangan jadi ragu juga mas, mungkin itu dulu Garuda lagi eror.
    Soal beli tiket online memang yg penting dapet booking number, trus biasanya kemudian diberikan prinnan tiket, kita tinggal print sendiri.
    Itu kebetulan pas kejadianku begitu. kesan pertama dengan Garuda, tapi kok orang lain juga ngalami ya…
    yang jelas di tempat lain engga.


  6. INTAN KUSUMA

    mas asrofi saya baca opengalaman anda sungguh saya prihatin saya yang bergerak di bidang travel gak akan berani seperti iotu sebab resikonya tinggi sekali. nah kalau anda butuh tiket pesawat apapun kemanapun bisa tilpon / ym s aya tar tiket kita kirim lewat rmail / ym kan mudah. anda bayar langsung dulu lewat atm mandiri atau bri.ssaya nah tiket saya kirim . mudah kan tapi jangan mendadak.
    ok selamat mas asrofi pengalaman guru yang utama, dan….kita tak akan jatuh kedua kali dalam lubang yang sama ya kan. amin.


  7. INTAN KUSUMA

    OK INI PENGALAMAN MAS ASROFI UNTUK KITA SEMUA……..DAN KASUS ITU BANYAK TERJADI. NAH UNTUK MEMBANTU REKAN-2 YANG BUTUH TIKET PESAWAT KEMANAPUN SAYA “INTAN KUSUMA TOUR &TRAVEL SEMARANG BISA BANTU ANDA. HUB TELP. SAYA 024-6747591…SERAT EMAL SAYA :intankusumatour@ymail.com ( sama dengan YM NYA ) ATAU PESAN TIKET…..KONFIRMASI…BAYAR….TIKET DIKIRIM MELALUI EMAIL / YM. DAN ANDA CETAK SENDIRI DI TEMPAT . OK TRIMA KASIH SEMUA.SUKSES.SELALU.


  8. black heart

    duit yang ilang ya udah,ga usah diributin.berarti belum rejekinya.cari lagi,jangan bermalas-malasan ya.sistem error wajar,udah resiko.Ok?

  9. @black heart; maknyus.. bijak sekali..
    salam.


  10. rina

    saya mengalami kasus yang sama, saldo saya di mandiri telah terdebit (saya menggunakan Internet Banking Mandiri), namun sudah 2 hari tiket saya belum masuk ke email saya. Saya sudah menunjukkan bukti berupa print screen histori transaksi e-banking dan booking status garuda. Adapun pihak Mandiri dan Garuda sudah saya hubungi, saya hanya disuruh menunggu dan menunggu, sungguh melelahkan, mengecewakan, dan memakan biaya (waktu dan pulsa karena harus menelpon berkali-kali). Sampai saat ini saya masih was-was takut tiket saya tidak dicetak dan uang tidak kembali.

  11. coba email ke e-payment@garuda-indonesia.com mba Rina.


  12. rina

    Alhamdulillah mas, akhirnya masuk jg tiketnya ke email saya. Walaupun banyak menghabiskan pulsa. Untungnya booking tiket seminggu sebelum berangkat. Kalau pesan mendadak terjadi masalah seperti ini, lebih ribet pastinya.


  13. Johnson

    Saya mengalami hal yang sama ketika memilih pembayaran dengan BCA Debit. Tapi sedikit berbeda karena waktu bayar via klikbca dimenu pembayaran tidak terlihat transaksi garudanya. Sehingga tidka bisa melkaukan pembayaran. Setelah telpon call center, sama pak, mereka hanya bingung-2 dan dihold samapai beberapa kali selama 10 menitan, akhrinya putus. Masalah website sudah lama jadi kmplain calon penumpang dan call center yang gak becus juga masalah yang tak kunjung selesai. Garuda-garuda…kok jadi begini nasibmu. Servis mengecewakan untuk harga premium


  14. Jack

    Iya tuh garuda indonesia maskapai terbaik tapi sistem pembelian onlinenya rumit. Citilink yang anak perusahaanya aja lebih mudah dan pilihan cara pembayaran lebih banyak. Lion air, Sriwijaya, batavia yang kurang dibanding Garuda lebih mapan sistem onlinenya. Jadi mempertanyakan keunggulan Garuda


  15. arif

    saya juga kemarin seperti itu, untuk rute medan jakarta semarang,
    medan jakarta tidak ada no tiket, jakarta semarang ada, padahal kan seharusnya satu no tiket. aneh!!!! saya telpon call centre, suruh tunggu , kirim tanda bukti pembayaran melalui email e-booking@garuda-indonesia.com, ditunggu tapi blom ada hasil, saya telpon lagi call centre garuda, katanya tunggu 20 menit, padahal 15 menit lagi udah mau boarding, dan heran nya lagi, setelah dilihat staff check in, tiket jakarta semarang nya di void. saya telpon call centre garuda lagi, dan saya minta tanggung jawab dari pihak garuda untuk refund full,
    nah, jadi mau tidak mau beli tiket lagi di bandara /Go Show. setelahnya saya urus di tiketing office garuda, dan ternyata staff nya menegaskan tiket saya kena charge 75 persen, gilak aja kan…. !!! nah, heran nya lagi, di print out tiket nya sudah terubah medan jakarta semarang jadi tanggal 2 juni 2012, padahal tiketnya 31 mei 2012. sungguh aneh,,,,, GARUDA INDONESIA bisa seperti ini ??????? malu lah !!!!!

  16. garuda emg seperti itu gan..
    Baik ane sebagai customer maupun ane sebagai direct agent teteepp aja dikecewain sama sistem ticketingnya garuda

    beda bgt sm AA.. mrk ga ada call center, tp websitenya mrk jauuuh lbh bagus dr garuda

  17. Hi, i think that i saw you visited my web site thus i came to “return the favor”.

    I am attempting to find things to enhance my
    site!I suppose its ok to use some of your ideas!

    !

    To know further about telpon murah you can Click Here


  18. Anteng

    wah saya juga pernah begitu, udah coba berkali2, sampai dibantu customer, baru berhasil bayar, tetapi ternyata pembayarannya tidak masuk ke garuda, untuk urus uang saya tersebut akhirnya haru nunggu 2 bulan plus pake marah2 sama cs mandiri…payah…

Leave a Reply